Selasa, 15 Maret 2016

Ketahui Tips / Bagaimana Cara Merawat Laptop - Netbook

Bagaimana Cara merawat laptop - Netbook Agar awet dan tahan lama ?

Oke sobat, kali ini saya akan menuliskan beberapa tips / cara merawat laptop / netbook agar awet dan tahan lama, karena pada zaman sekarang ini hampir semua orang sudah memiliki laptop atau netbook, bukan hanya di perkotaan saja, namun saat ini laptop / netbook sudah masuk ke pelosok - pelososk desa, jadi mudah - mudahan tips / cara merawat laptop / netbook yang akan saya tuliskan kali ini akan memberi manfaat bagi siapa saja yang memiliki laptop / netbook.

Manfaat mengetahui tips / cara merawat laptop / netbook ?

Dengan mengetahui tips / bagaimana cara merawat laptop / netboook, maka kita dapat meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi pada laptop / netbook, baik itu kerusakan mesin, baterai, maupun keyboard yang diakibatkan oleh kelalaian pemiliknya.

Namun sebelum saya menuliskan beberapa tips / cara merawat laptop / netbook ini saya ingin mengingatkan bahwa cara ini merupakan upaya pencegahan dan untuk meminimalkan kerusakan pada laptop / netbook, dan bukan berarti jika menggunakan cara yang akan saya tuliskan nanti laptop / netbook sobat tidak akan rusak. Karena setiap alat elektronik pasti mengalami kerusakan, baik itu disebabkan kelalaian pemiliknya, karena arus listrik tidak stabil, dan lain sebagainya.

Tips / Cara Merawat Laptop - Netbook Yang Perlu Diketahui

Ketahui Tips / Bagaimana Cara Merawat Laptop - Netbook
Adapun beberapa cara merawat laptop / netbook agar lebih awet dan tahan laman adalah sebagai berikut :
  1. Biasakan selalu menggunakan baterai saat kita memainkan laptop / netbook, jangan bisakan menggunakan tanpa baterai (langsung di colok ke listrik tanpa menggunakan baterai). Karena ada beberapa akibat yang bisa terjadi jika menggnkannya tanpa batrai, seperti : jika listrik padam maka laptop / netbook akan langsung mati, akibatnya pekerjaan yang sudah kita lakukan mungkin saja hilang / tidak tersimpan, dan PARAHNYA apabila ini sering terjadi maka Hardisk / Mesin memiliki kemungkinan rusak, yang mana jika hardisk sudah rusak maka semua data yang ada kemungkinan besar akan hilang semua (jika hardisk sudah rusak parah).
  2. Perhatikan selalu kondisi baterai laptop / netbook saat menggunakannya, apabila baterai sudah hampir habis maka segera lah isi baterai / colok adaptop (carger) laptop / netbook. DAN JIKA batre sudah penuh sebaiknya lepaskan adaptop (carger) dari laptop / netbook kita, karena jika dibiarkan terus dalam keadaan mengisi sedangkan baterai sudah penuh makan ini bisa mengakibatkan baterai laptop / netbook kita menjadi kurang daya tahannya, dan apabila ini sering terjadi maka baterai bisa ngedrop dan akhirnya rusak.
  3. Jangan menggunakan / memainkan laptop / netbook diatas kasur / bantal / karpet (atau sesuatu yang bisa menghalangi udara panas pada bagian bawah laptop / netbook keluar), ini bisa mengakibatkan mesin laptop / netbook kita rusak, akibat sering kepanasan, karena udara panas yang dikeluarkan oleh laptop / netbook tidak hilang / tetap berada di bawah laptop (di kasur / bantal / karpet) bahkan kembali ke laptop / netbook.
  4. Jika terpaksa atau sobat memang suka menggunakan laptop / netbook di atas kasur, maka sebaiknya beri alas pada bagian bawah laptop menggunakan meja laptop, kotak / kardus / benda lainnya yang tidak menyerap panas. agar bagian bawah laptop / netbook tidak langsung bersentuhan dengan kasur secara langsung.
  5. Jangan mematikan laptop / netbook menggunakan tombol power (tombol untuk menghidupkan laptop / netbook) karena jika ini sering dilakukan dapat mengakibatkan hardisk menjadi rusak, selalu gunakan aplikasi Shut down yang ada pada windows laptop / netbook.
  6. Jangan menekan keyboard laptop / netbook terlalu keras, karena bisa mengakibatkan keyboard laptop / netbook rusak.
  7. Bagi yang suka main game yang menggunakan keyboard, maka sebaiknya gunakan keyboard external (luar), agar dapat meminimalkan kerusakan keyboard internal laptop / netbook, karena biasanya saat kita main game menekan keyboard lebih keras.
  8. Apabila laptop  / netbook sudah tidak digunakan maka sebaiknya simpan ditempat yang aman (jangan sembarang letakkan), karena ini dapat memudahkan kita mencarinya jika ingin menggunakannya kembali, dan dapat meminimalkan kerusakan akibat terinjak, jatuh, dan lain sebagainya.
Sepertinya itu saja Cara Merawat Laptop / Netbook yang bisa saya tuliskan kali ini, dan jika sobat memiliki cara lainnya silakan tambahkan Cara Merawat Laptop / Netbook tersebut pada komentar, nanti tambahan sobat akan saya masukkan pada list di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar