Kamis, 17 Maret 2016

Cara Membuat Screenshot di Komputer / Laptop dgn Mudah

Bagaimana cara membuat screenshot di komputer atau laptop dengan mudah dan cepat ?

Ada banyak cara membuat screenshot di komputer atau laptop dengan mudah dan cepat yang bisa kita lakukan, ada yang menggunakan aplikasi dan ada juga yang tidak menggunakan aplikasi (cara ini yang sering saya lakukan), selain itu ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat screenshot di komputer atau laptop dengan mudah dan cepat.

Apa itu screenshot ?

Screenshot adalah tangkapan layar komputer / laptop yang kita ambil menggunakan cara tertentu, dan menggunakan aplikasi tertentu.

Pada kesempatan ini saya akan menuliskan bagaimana cara membuat screenshot di komputer atau laptop dengan mudah dan cepat tanpa aplikasi dan menggunakan salah satu aplikasi edit foto gratis yang memiliki fitur untuk membuat screenshot di komputer atau laptop.

Oke, saya akan mulai dengan cara membuat screenshot di komputer atau laptop dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Membuat Screenshot di Komputer / Laptop Dengan Mudah Tanpa Install Aplikasi

Cara membuat screenshot di komputer atau laptop tanpa install aplikasi ini adalah cara yang sering saya lakukan untuk membuat screenshot, karena caranya sangat mudah dan sederhana, dengan menggunakan cara ini kita bisa mengambil tangkapan layar / screenshot dengan mudah dan cepat.

Adapun langkah - langkah yang harus dilakukan untuk membuat screenshot di komputer atau laptop tanpa install aplikasi adalah sebagai berikut :
  • Buka halaman  yang ingin di screenshot, misalnya ingin mengambil screenshot sebuah aplikasi / software maka silakan buka dahulu aplikasi tersebut, atau jika ingin mengambil screenshot halaman online seperti blog / website maka buka dahulu halaman tersebut.
  • Apabila halaman yang ingin di ambil  screenshot-nya sudah terbuka sepenuhnya, maka lsilakan tekan tombol PrtSc SysRq yang ada pada keyboard komputer / laptop sobat (letak tombol tersebut biasanya ada di bagian atas kanan)
  • Buka aplikasi Paint (aplikasi ini bisa sobat temukan dengan cara klik star menu  All Programss Accessories) kemudian klik paste tangkapan layar tersebut pada aplikasi Paint dengan cara tekan tombol Ctrl + v.
  • Kemudian simpan screenshot / tangkapan layar tersebut sesuai format gambar yang sobat inginkan.
  • Selesai.
Nah, itulah langkah sederhana untuk membuat screenshot dengan mudah dan cepat tanpa harus install aplikasi (hanya menggunakan aplikasi bawaan windows)

Cara Membuat Screenshot di Komputer / Laptop Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Cara membuat screenshot di komputer / laptop menggunakan aplikasi edit foto ini juga merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan selain cara yang sudah saya tuliskan di atas, namun untuk menggunakan cara ini sudah tentu kita harus menginstall aplikasi untuk screenshot dahulu, dan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah PhotoScape.

Cara membuat screenshot di komputer / laptop menggunakan PhotoScape juga terbilang mudah, untuk lebih jelasnya berikut langkah - langkahnya :

  1. Download kemudian install PhotoScape di komputer / laptop sobat, untuk mendapatkan link downloadnya silakan buka halaman Download Aplikasi Edit Foto Gratis - Photoscape Terbaru.
  2. Setelah aplikasi PhotoScape selesai di install, maka silakan buka aplikasi tersebut
  3. Klik menu Menangkap Layar, maka akan keluar sebuah jendela yang bisa kita gunakan untuk mengambil screenshot / tangkapan layar
  4. Buka halaman yang ingin di ambil tangkapan layarnya, kemudian klik tombol Menangkap Untuh Satu Layar (atau bisa juga menggunakan opsi lainnya)
  5. Maka sobat akan dibawa ke hasil tangkapan layar, selanjutnya silakan klik tombol Simpan apabila ingin menyimpannya, atau jika ingin mengedit-nya terlebih dahulu juga boleh
Cara Membuat Screenshot di Komputer / Laptop dgn Mudah
Nah itulah 2 cara membuat screenshot di komputer atau laptop dengan mudah dan cepat yang bisa saya tuliskan kali ini, mudah  - mudahan mudah dimengerti dan bermanfaat.

1 komentar:

  1. MMC - MGM Casino in Dallas, OK - DRMCD
    MMC's 통영 출장샵 in 수원 출장샵 Dallas is offering its guests the choice of 전라북도 출장마사지 a 경상남도 출장안마 night out with a bottle of MMC's in 김해 출장마사지 the MMC Lounge in the MMC Lounge.

    BalasHapus